TPQ

Wisuda TPQ Ke-16

Latar Belakang dan Profil

Di tengah fenomena globalisasi yang semakin kompleks dan demi usaha untuk mempersiapkan generasi muda yang berkualitas dan berakhlak mulia sesuai  dengan norma-norma keislaman, maka didirikanlah sebuah lembaga pendidikan Alquran di bawah naungan YAYASAN AL MA’HAD AN NUR yang bernama Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Al Ma’had AN Nur pada tahun 1994 Masehi.

Jenis Pendidikan yakni lembaga pendidikan Alquran, Aqidah dan Ubudiyah. Adapun lokasinya berada di depan Pondok Pesantren An Nur putra pusat, tepatnya  di Dusun Ngrukem, Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta. Jam belajar dimulai setelah Salat Asar atau sekitar pukul 15.30 WIB.

Hal ini diawali dengan i’tikad baik dari seorang pendiri Almarhum H. Mahfudz Subito yang melihat anak-anak warga kampung Ngrukem dan sekitarnya yang masih mengaji sorogan di Masjid tapi belum memiliki sebuah sistem pendidikan yang lebih tertata. Di samping juga beliau memiliki anak-anak yang membutuhkan lembaga semacam TPQ.

Sampai akhirnya lembaga ini dipasrahkan sepenuhnya kepada para santri An Nur untuk dikelola, dan ternaung di bawah Yayasan Pondok Pesantren An Nur. Hingga saat ini TPQ Al Ma’had An Nur masih eksis dalam mendidik para santri dan terus mengembangkan diri serta berbenah untuk kemaslahatan pendidikan para santri.           

TPQ Al Ma’had An Nur telah mewisuda sekian banyak santri. Metode pengajaran TPQ Al Ma’had An Nur menggunakan Metode Yanbu’a disertai dengan diselingi hafalan Juz Amma dan doa keseharian. Selain itu, para santri dibimbing untuk salat berjamaah dan praktek ubudiyyah. Kedepannya TPQ Al Ma’had An Nur berharap agar selalu istiqomah dalam melayani dan menemani para santri dalam belajar ilmu agama, terutama dalam Ilmu Tajwid, Al Qur’an dan Ubudiyyah Islamiyyah.

Visi dan Misi

Visi : Menciptakan generasi yang berakhlak mulia, beriman dini.dan bertaqwa.

Misi : Sebagai wadah pendidikan dan pengajaran Al Qur’an sejak usia dini.