Peringati Haul KH. M. Moenawwir Krapyak: PP. An Nur Gelar Berbagai Amaliyah

image preview
Haul simbah KH. M. Moenawwir bin Abdul Rosyad ke–80 yang diselenggarakan Jum’at (15/02) di Pondok Pesantren Krapyak berlangsung khidmat. Mauidloh hasanah diisi oleh Drs. KH. Muhammad Mukti, M.Pd.I. Puluhan ribu alumni, santri dan masyarakat umum datang memenuhi area pesantren dan sepanjang jalan kampung.
PP. An Nur Ngrukem juga turut andil dalam peringatan Haul tersebut dengan menggelar berbagai amaliyah. Pembukaan amaliyah dilaksanakan pada hari Kamis (31/01), tepatnya pukul 20.00 WIB bertempat di aula lantai tiga komplek pusat. Mulai dari amaliyah Sholawat Nariyah, Surat Ya Sin, Muqoddaman, dan simaan Alquran 30 juz.
Kemudian, penutupan acara amaliyah diadakan di aula lantai tiga komplek pusat PP. An Nur, Kamis (14/02/2019) dengan diisi Maulid Al-Barzanji. Penutupan diikuti oleh seluruh santri PP. An Nur. Adapun hasil amaliyah dibacakan oleh pengurus. Amaliyah tersebut sudah dilaksanakan oleh seluruh santri.
Total bacaan Sholawat Nariyah sebanyak 22.400 kali bacaan. Amaliyah Muqoddaman putra sebanyak 52 khataman. Sedangkan untuk santri putri ada sebanyak 152 khataman. Sementara amaliyah surah Ya Sin dibaca sebanyak 5.166 bacaan. Sima’an 30 juz sendiri ada 16 khataman yang diselenggarakan di rumah warga sekitar pondok. Adapun sima’an 30 juz di area makam KH. M. Munawwir bin Abdul Rosyad ada 1 majelis.
Selanjutnya, ada pemberangkatan santri PP. An Nur ke acara haul di PP. Krapyak. Kesempatan ini bentuk hormat pada haul dan tentunya sifatnya hanya perwakilan. Dengan menggunakan truk yang berjumlah 6 armada. Sebanyak 5 truk berisi santri putri dari komplek Pusat, Khodijah dan Maghfiroh dan 1 truk berisi santri putra. Santri yang ikut berangkat hanyalah santri tahasus dan mahasiswa, sementara santri pelajar tetap dipondok.
Tujuan daripada seluruh kegiatan amaliyah yang dilakukan adalah mengenang jasa al Maghfurlah KH. M. Moenawwir dan bentuk rasa ta’dzim serta cinta terhadap maha guru. Selain itu, beliau juga merupakan ayahanda dari al Maghfurlaha Ny. Hj. Walidah, istri al Maghfurlah KH. Nawawi, pendiri PP. An Nur. Harapannya para santri dapat berkah dari beliau-beliau. *(Hendra / Idu)

Tags:
No Response

Leave a reply "Peringati Haul KH. M. Moenawwir Krapyak: PP. An Nur Gelar Berbagai Amaliyah"