Pembukaan Ramadhan 1440 H/ 2019 M

No comment 224 views

www.pondok-ngrukem.com – Ahad (28/04) Pondok Pesantren An Nur sudah melaksanakan pembukaan kegiatan Ramadhan 1440 H. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pembukaan kegiatan dilakukan satu minggu sebelum masuk Bulan Suci Ramadhan. Adapun penutupan dilaksanakan pada 17 Ramadhan. Setelah itu biasanya santri diperkenankan mudik ke kampung halamannya.

 

Pembukaan dilaksanakan pukul 20.00 WIB bertempat di halaman kampus Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) An Nur. Acara ini diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren An Nur, baik komplek pusat maupun komplek cabang. Acara dibuka secara resmi oleh pengasuh Pondok Pesantren An Nur, KH. Muslim Nawawi. Sebelum beliau memberikan sambutan, ada beberapa pengumuman dari pihak panitia.

 

Ust. Yaziidunni’aam, S. Ag, ketua panitia Ramadhan 1440 H menyampaikan bahwa semua kegiatan Ramadhan akan resmi aktif pada Rabu (01/05) sore hari. Mengingat ada beberapa kitab yang masih kurang dan dalam proses pemesanan. “Rabu besok kegiatan semua sudah aktif. Absensi juga sudah berlaku. Mari maksimalkan semua kegiatan yang telah disusun. Yang belum beli kitab silakan membeli. Mumpung masih ada waktu”, jelasnya.

 

Tahun ini, tema Ramadhan yang ambil adalah “Bulan Berkah, Maksimal Ibadah, Tak Kenal Lelah”. Tema yang begitu pas dengan kegiatan sehari-hari santri. Kegiatan yang penuh dengan ngaji, baik kitab kuning maupun kitab suci Alquran. Salat Tarawih menargetkan satu khataman Alquran. Usai Salat Tarawih dilanjutkan deresan Alquran dengan target satu khataman juga.

 

Dalam sambutannya, KH. Muslim Nawawi menyampaikan, Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang agung. Awal Bulan Ramadhan merupakan rahmat, di tengah menjadi maghfirah dan di akhir dijauhkan dari api neraka. Beliau juga berpesan kepada para santri untuk berburu diskon dari Allah. “Dunia sebagai ladang akhirat. Seyogyanya, ladang ditanam banyak, di akhirat tinggal panen”, jelas beliau sebelum membuka secara resmi kegiatan. (Idu)

Tags:
No Response

Leave a reply "Pembukaan Ramadhan 1440 H/ 2019 M"